10 LANGKAH STRATEGIS MEMASUKI PASAR EKSPOR

| |



Sebelum menetapkan pilihan untuk menjadi pelaku bisnis dalam bidang Ekspor impor, ada langkah-langkah strategis yang mesti menjadi acuan. Apa saja itu??

1. Keputusan manajemen untuk melaksanakan ekspor

2. Menentukan komoditi yang akan diekspor

3. Menganalisa kondisi Negara tujuan ekspor tentang:

  • Populasi
  • Politik
  • Ekonomi
  • Sosial
  • Iklim
  • Peraturan ekspor, impor, devisa
  • Perpajakan, perbankan, keuangan, transportasi

4. Menetapkan pasar potensial dan segmen pasar yang akan dimasuki serta menentukan calon mitra usaha sebagai saluran pemasaran

5. Menentukan strategi operasional bersama mitra usaha seperti:

  • Penentuan harga jual ekspor
  • Syarat pembayaran
  • Sistem distribusi
  • Bauran pemasaran

6. Menentukan sistem promosi dan pemilihan media

7. Mempelajari peta pemasaran komoditi tertentu

8. Mempelajari nama dan alamat lengkap berbagai badan promosi nasional dan internasional, sebagai saranan mencari calon pembeli

9. Menyiapkan brosur dan price list dari komoditi yang akan diekspor

10. Menyiapkan surat perkenalan usaha dan komoditi yang akan dikirimkan kepada berbagai badan promosi dan calon pembeli

Print halaman ini

Posted by Unknown on 18.44. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "10 LANGKAH STRATEGIS MEMASUKI PASAR EKSPOR"

Leave a reply